Masuk ke dalam Islam secara Kaaffah


Masuk ke dalam Islam secara Kaaffah

Di dalam surat Al-a’raf:208 yang berbunyi:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, masuklah kalian ke dalam Islam secara kaaffah.”

Di awal ayat ini Allah memuliakan kita dengan sebutan/predikat orang-orang yang beriman, sehingga kita serasa mendapatkan kebahagiaan limpah-ruah atas pujian itu. Bila di hati kita ini ada iman, maka hati akan tergelegak penuh dengan kebahagiaan. Ibnul Mas’ud berkata bila ada ayat alquran yang diawali dengan yaa ayyuhalladzii…maka perhatikanlah karena berikutnya akan diikuti oleh perintah atau larangan.

Kepentingan dari perintah/larangan itu adalah bagian dari kebutuhan kita, bukanlah suatu beban yang memberatkan. Ibarat seorang ibu yang menyuruh anaknya untuk masuk ke dalam rumah sewaktu hujan turun karena tidak mau sang anak sakit akibat kehujanan sementara sang anak sedang asyik bermain-main di luar. Anak yang sadar bahwa bermain-main di bawah hujan adalah tidak baik untuk kesehatan, tentu akan segera memenuhi perintah ibunya untuk masuk ke dalam rumah. Sang anak sadar bahwa dirinya memang butuh masuk bukan semata-semata karena perintah ibunya saja. Sang anak pun sadar bahwa sang ibu lebih tahu apa yang terbaik buat dirinya. Demikian halnya Allah memerintahkan kita sebagai hamba-Nya.

Islam adalah agama yang haq; agama yang benar dan rahmatan lil aalamiin. Islam tidak hanya sebuah keyakinan dogmatis tetapi juga adalah agama yang sangat rasional dan terbukti kebenarannya sepanjang masa. Sebut saja sebagai bukti Islam agama yang benar, bagaimana NASA menemukan bukti bahwa ternyata bulan memiliki garis lingkaran penuh yang membaginya menjadi dua bagian. Ini adalah bukti kebenaran shirah Nabawiyyah Rasulullah Saw dengan mukjizatnya membelah bulan menjadi dua bagian. Dan masih banyak bukti-bukti lain kebenaran ayat-ayat Allah swt.

Lalu kenapa kita harus masuk Islam secara kaaffah(keseluruhan)? Ada bebarapa sebab atau alasan yakni:

1. Kita tidak mau dianggap aneh.

Bagaimana tidak aneh bila kita masuk dalam sebuah rumah tetapi hanya kepalanya saja atau hanya tangannya saja, tentu sangat aneh dan tidaklah biasanya. Demikian pula dengan masuk ke dalam Islam. Kita tidak bisa mengambil sebagian dan meninggalkan yang lainnya. Tentu sangatlah tidak mungkin dan aneh-kalau terlalu keras jika dikatakan gila.

2. Bila hanya sebagian/setengah-setengah maka bahaya dosa dan kemaksiatan akan mengancam bagian yang lain dari diri kita.

Artinya bahaya dan ancaman api neraka dan siksa alam barzah selalu membayangi kita setiap saat. Kita tidak tahu kapan kita mati, kapan Allah akan memanggil kita untuk pertanggungjawaban atas amal perbuatan kita. Bila hanya kepala atau tangan saja yang masuk ke rumah maka bagian tubuh yang lain pasti tidak terlindung dari bahaya yang mengancam di luar rumah.

Kemudian bila kita telah masuk ke dalam Islam secara kaaffah apakah sudah cukup sampai di situ? Tentu saja tidak demikian. Masuk kedalam rumah sendiri bila hanya masuk ke dalam ruang tamu atau hanya masuk ruang dapur saja tentu tidaklah wajar, bila demikian tentu kita akan menjadi tamu di rumah kita sendiri. Kita harus juga memasuki ruang-ruang lainnya yang ada di dalam rumah. Di dalam Islam terdapat tiga macam ruang yang harus kita masuki seluruhnya yaitu: ruang akidah, ruang ibadah dan ruang akhlak. Bila kita telah masuk ke dalam tiga ruangan tersebut maka hasilnya:

  • Ruang akidah: kita akan menjadi orang yang sangat mengenal Allah, memiliki ma’rifat kepada Allah dimana hidup kita akan berubah secara nyata menjadi takut dan malu berbuat dosa dan maksiat.
  • Ruang fiqh: menjadi orang yang mengetahui dan memahami hukum-hukum apa yang dia telah, sedang dan akan dia lakukan sehingga lebih berhati-hati atas tindakan dan amalan. Adalah berdosa bila kita melakukan perbuatan tetapi tidak mengetahui atas hokum apa ia melakukan perbuatan itu.
  • Ruang akhlak: akan memiliki hati yang bersih dan terjaga dari noda-noda dosa dan maksiat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: