Ujiannya Orang yang Beriman


Ujiannya Orang yang Beriman

Apakah pernah kita dilempari batu, kotoran, dihina, dihujat, dicaci-maki seperti yang dialami oleh Rasulullah yang mulia?

Atau seperti yang terjadi terhadap nabi Nuh yang dianggap gila karena membuat kapal di tengah padang pasir karena patuh akan perintah Allah,

Atau pernahkah kita mengalami ujian seperti yang dialami oleh nabi-nabi Allah lainnya dengan begitu hebatnya?. Begitulah Allah menguji hamba-hamba-Nya yang beriman, semakin tinggi tingkatan keimanan seseorang maka semakin hebatlah ujian itu datang, dan para anbiya’ adalah golongan yang ujiannya paling berat.

Setiap orang yang beriman pasti akan mendapatkan ujian dari Allah SWT, sebagaimana firman Allah dalam surat Al’ankabuut:2 “Apakah manusia mengira bahwa mereka dibiarkan(saja) mengatakan ‘kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi?”. Ujian itu dapat berupa rasa takut(khauf), kekurangan harta(makanan), sakit, dihinakan(fitnah) dan jenis ujian yang lain.

Lalu apakah kita sendiri pernah mendapati hal demikian(ujian) terjadi pada diri kita?, kalau belum maka patutlah kita khawatir dengan keimanan kita. Jangan-jangan selama ini kita hanya pura-pura beriman atau ada yang tidak benar dengan keimanan kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: